Sabtu, 08 Desember 2012

resep dan jenis makanan di dunia

 Resep Makanan Di Dunia
Sandesh

Sandesh ( Bengali : সন্দেশ, Hindi : संदेश) adalah makanan ringan manis berasal dan masih sangat populer di Bengal daerah (independen sekarangBangladesh dan Bengal Barat , sebuah provinsi di India ). Hal ini dibuat dengan susu dan gula. Beberapa resep panggilan Sandesh untuk penggunaanchhana (susu mengental) atau paneer bukan susu. Beberapa orang di wilayah Dhaka menyebutnya pranahara (harfiah, ‘pencuri hati’) yang merupakan jenis sandesh lebih lembut, dibuat dengan mawa dan inti dari dadih . Sandesh ini juga disebutkan dalam film Bollywood ‘Devdas’ (2002) di mana keduanya Hindustan dan budaya Bengali yang digambarkan. Pembuat sandesh terbaik dari Narail dan Dhaka di Bangladesh dan Kolkata di Bengal Barat ,India. The makha “terkenal” sandesh berasal dari kabupaten Bardhaman.
Bahan:
1/2 cawan gula kastor
12 tblsp pistachio (berbedak)
1 liter susu lembu
10 kacang pistasi
1/4 sdt asam sitrat
Bagaimana membuat sandesh :
  • Rebus susu.
  • Mix asid sitrik dalam air dan secara berperingkat campuran di dalamnya untuk susu sampai susu curdles.
  • Saring paneer melalui kain bersih dan sejuk.
  • Menghilangkan lebihan air.
  • Dalam periuk bakar paneer dan gula ringan selama empat hingga lima minit.
  • paneer tidak harus berubah warna.
  • Menggiling campuran ini dalam sebuah mixie sampai lembut dan ringan (tanpa menambah air).
  • Mix di pistachio serbuk untuk campuran gula paneer-.
  • Bagilah ke dalam porsi kecil dan bentuk menjadi bola bulat.
  • Hiasi dengan pistachio utuh dan melayani.
Rasgulla

Rasgulla ( Oriya : rôsôgola ରସଗୋଳା; Hindi : रसगुल्ला rasgullā) adalah yang sangat populer berbasis keju, hidangan manis seperti sirop berasal dari Orissa .Hal ini populer di seluruh India dan Asia Selatan. hidangan tersebut terbuat dari bola dari chhena (sebuah keju cottage India) dan semolina adonan, dimasak dalam gula sirup. Biasanya, 100 gram porsi rasgulla mengandung 186 kalori, dan sekitar 153 kalori dalam bentuk karbohidrat. Hal ini juga mengandung 1,85 gram lemak dan 4 gram protein.
2 liter susu
1 cangkir cuka / jus lemon
1 cangkir gula
Cara pembuatan :
Rebus 2 liter susu, setelah mendidih campurkan 1 cangkir cuka / jus lemon ke dalam panci berisi susu yang masih panas lalu tuang ke dalam saringan sehingga terpisah dengan dadih. Tinggalkan dadih di saringan hingga kering, ini akan mamakan waktu 1 jam atau bahkan lebih anda juga bisa meninggalkan selama 1 malam. kemudian pisahkan dadih ke tempat makanan yang tidak membuatnya lengket. bentuk bola kecil dari darih tersebut dengan menggunakan cuka sehingga menjadi rasgullas. setelah itu rasgullas di tuang ke dalam panci besar dan boleh ditambahkan sirup, kemudian masukan 1 cangkir gula kedalamnya. Nyalakan kompor, tutup dengan tutup panci lalu tunggu hingga matang atau terdengar suiara didih.
Chenna Poda

Chhena poda ( Oriya : ଛେନାପୋଡ) adalah klasik keju dessert dari negara bagian Odisha di timur India poda. Chhena secara harfiah berarti keju dibakar diOdia . Ini terbuat dari-memijat buatan sendiri juga keju cottage atau chhena , gula, kacang mete dan kismis , dan dipanggang selama beberapa jam sampai coklat. Chhena poda adalah hanya terkenal dessert India yang rasa yang dominan adalah yang berasal dari karamelisasi gula. Dikatakan bahwa poda chhena berasal dari kota Odia dari Nayagarh di paruh pertama abad kedua puluh. Pemilik permen, sebuah Bidyadhar tertentu Sahoo memutuskan untuk menambah gula dan bumbu untuk sisa keju satu malam, dan meninggalkannya di oven yang masih hangat dari penggunaan sebelumnya. Keesokan harinya, dia terkejut untuk mengetahui apa makanan penutup nikmat ia diciptakan. Chhena poda segera menjadi populer di seluruh Odisha. Saat ini, ia juga dibuat di Bengal Barat dan di tempat lain di India.
100 gram kacang mete
1000 gram keju
50 gram kayu manis
50 gram kismis
150 gram semolina, dan 500 gram gula
Cara Pembuatan :
Campur keju, samolina dan gula lalu di remas / uleni dengan benar agar adonan tidak berantakan. Tambahkan sedikit air saat memijatnya, tambahkan kacang mete, kismis dan kapulaga di adonan. Taruh di piring dan masukan ke oven, panaskan dengan suhu yang sesuai. Tinggal selama 1/2 atau 1 jam hingga bagian atasnya menjadi coklat. Setelah selesai tunggu hingga dingin kemudian potong-potong.
Ditulis pada Makanan India, Makanan India Timur | Tinggalkan Komentar

Makanan India Utara

Kari Kambing India


Kari kambing india adalah makanan yang cukup akrab di lidah warga India, makanan ini dimasak dengan rempah-rempah, sayuran dan potongan-potongan daging kambing hingga mempunyai rasa yang pedas dan tajam.

Bahan:
1/2 kg iga kambing
1/3 kg daging bertulang
3 batang sereh
5 lembar daun jeruk
1 batang kayu manis
1 sendok makan minyak samin
1,5 liter santan encer
500 mililiter santan kental
Bumbu:
3 potong lengkuas
3 potong jahe
3 potong kunyit
5 butir kemiri
4 sendok makan cabai giling
2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh jinten
1/2 sendok teh kapulaga hijau bubuk
1/2 sendok teh adas manis
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sendok makan poya kelapa
Cara Membuat:
  1. Rebus iga dan daging bertulang dengan santan encer, sereh, daun jeruk dan kayu manis hingga setengah empuk.
  2. Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan hingga harum lalu masukkan kembali hingga tiga-perempat matang
  3. Kemudian masukan santan kental dan rebus kembali dengan api kecil hingga agak mengental, angkat
  4. Dihidangkan selagi panas dengan roti cane
Korma

Korma berasal dari resep masakan Mughal dari wilayah yang sekarang disebut Pakistan dan India Utara. Hidangan khas Persia-India ini sudah ada sejak abad ke-16 pada masa Kemaharajaan Mughal menginvasi wilayah-wilayah yang sekarang disebut Pakistan, Bangladesh, dan India Utara-Barat. Secara turun-temurun, definisi korma adalah hidangan yang dibuat dari daging atau sayuran yang dimasak dengan sedikit air, kaldu, yogurt, atau susu krim. Nama masakan ini awalnya berasal dari bahasa Hindi dan bahasa Urdu untuk memasak dengan sedikit air.
Bahan
1 1/2 g daging burung
1/2 gelas kacang mede
1 / 2 inci jahe cincang
1 siung bawang putih cincang
2 cabe hijau
1/2 sendok teh kunyit
2 sendok makan susu hangat
1 liter susu
2 sdm minyak bunga matahari atau jagung
1 medium bawang merah cincang
3 gelas yoghurt
3 gelas cream
1/2 cangkir ketumbar segar cincang
1 sendok makan garam
1 siung jahe
Rempah-rempah :
2 kapulaga utuh
1 siung bawang bombay
1 inci kulit kayu kasia
1 sendok teh ketumbar biji
1 sendok teh kacang
Cara pembuatan:
Potong dadu daging pisahkan dengan tulangnya. blender kacang, jahe, bawang putih dan cabe dengan 1/4 liter air. Rebus susu di panci selama 10 menit, tumis bawang dengan jahe beserta bumbu-bumbunya hingga berwarna keemasan. tambahkan pasta kacang dan yoghurt, serta tambahkan daging masak hingga 10 menit. kemudian tambahkan susu, krim, ketumbar segar dan garam secukupnya.  Sekarang masakan siap dihidangkan.
Roti Cane

Roti Cane merupakan salah satu makanan/cemilan khas  India Utara. Adapun Roti Jala selain Roti cane ini biasanya dimakan saat sedang bersantai, berkumpul, atau bahkan untuk acara-acara formal/nonformal sekalipun. Karena rasanya yang enak dan pembuatannya juga sangat praktis dan murah meriah. Roti cane sangat banyak kita jumpai di India tidak hanya di India utara tetapi di seluruh kota di India. Berikut adalah contoh penyajiannya :
Bahan:
450 gram tepung terigu
1/2 sendok teh garam
30 gram minyak samin
200 gram minyak goreng
150 ml air hangat
Cara Membuat:
  1. Uleni tepung, garam dan air hingga tercampur rata.
  2. Uleni terus sambil dicampur dengan minyak samin hingga kalis/mulur
  3. Bentuk bulatan menjadi sebanyak 8 buah, kemudian rendam dengan minyak.
  4. Diamkan selama 1 jam, siap diolah.
  5. Ambil 2 buah adonan, tarik hingga panjang kemudian olesi dengan minyak samin, bulatkan seperti obat nyamuk, pipihkan
  6. Goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan, angkat dan geprek
Ditulis pada Makanaan India Utara, Makanan India | Tinggalkan Komentar

Masakan Asal Luar Jepang

Mie Ramen

Ramen (拉麺;ラーメン) adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そば, soba dari Cina) atau shina soba (支那そば) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mie. Pada zaman dulu pembuatan mi di Cina menggunakan air asin dari danau Kan di pedalaman Mongolia yang mengandung garam mineral alami. Di Jepang, bahan kimia tambahan untuk membuat mi sampai sekarang ini masih disebut kansui (鹹水, secara harafiah: air dari Danau Kan). Seusai Perang Dunia II, bahan kimia tambahan untuk mi yang berbahaya untuk kesehatan banyak beredar di pasaran, tapi sekarang bahan kimia tambahan sudah diatur dalam standar JAS. Bahan kimia tambahan untuk mi juga mempunyai bau tidak enak yang sering tidak disukai orang, sehingga di Jepang juga dibuat mi yang menggunakan telur sebagai pengganti bahan kimia.
Bahan:
2 sendok makan minyak sayur
2 batang daun bawang, potong 3 cm
2 siung bawang putih, cincang
30 g bawang Bombay, iris kasar
100 g daging ayam, iris tipis
2 sdm kecap Jepang
150 ml air
250 g ramen kering, rebus hingga lunak
½ sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
Taburan:
1 sendok makan nori iris kasar
1 sendok teh wijen sangr
Cara membuat:
  • Tumis bawang putih dan daun bawang hingga layu.
  • Masukkan bawang bombay, aduk hingga layu.
  • Tambahkan daging ayam, aduk hingga kaku.
  • Masukkan kecap, air, bumbu dan ramen. Aduk cepat hingga rata.
  • Angkat, sajikan dengan bahan Taburan.
Nasi Hayashi

Hayashi rice (ハヤシライス?, Nasi hayashi) adalah makanan Jepang berupa nasi putih yang dihidangkan dengan siraman kuah kental masakan daging sapi. Bumbu berupa bawang bombay yang ditumis dengan mentega hingga wangi. Daging dimasak hingga empuk di dalam saus demiglace dan sering dicampur saus tomat. Anggur merah sering ditambahkan agar aroma masakan menjadi harum. Hayashi rice merupakan salah satu contoh makanan Jepang yang berasal dari Barat. Di Osaka dan Kobe, makanan ini dikenal juga sebagai Haishi rice. Daging sapi selalu digunakan untuk membuat nasi hayashi. Bila daging babi yang digunakan, masakan ini disebut Pork Hayashi. Sayuran seperti jamur kancing atau jamur shimeji juga sering ditambahkan ke dalam masakan daging.

Bahan:

  • 3 / 4 g daging sapi iris tipis, potong-potong ukuran bite-
  • 2 bawang putih, iris kecil-kecil
  • 1 wortel, iris kecil-kecil secara memutar
  • 1 potong tomat, dan potong kecil-kecil menjadi persegi 4
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 / 3 gelas anggur merah
  • 1/4 gelas air
  • 1 sendok makan saus Worcester
  • 2 sendok makan kecap
  • 4 cangkir nasi
Cara Pembuatan :
Lelehkan 1 sendok makan mentega dalam wajan besar dan campurkan tumis daging diamkan hingga warnanya berubah. Tambahkan daging sapi, lalu gunakan wajan lain untuk memasak bawang dengan 1 sendok makan mentega yang telah dilelehkan. tuangkan irisan wortel dan tomat yang dipotong dadu. Tambahkan anggur merah setelah panas dan tuangkan air. masak perlahan selama 15 menit dan Bumbui dengan saus Worcester dan kecap. Sajikan nasi hangat di piring dan tuangkan saus Hayashi atas nasi.
Yakiniku

Yakiniku (焼肉?, daging panggang) adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Dalam arti luas, yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba (jingisukan), dan barbeque. Yakiniku sering dikatakan berasal dari masakan Korea seperti bulgogi dan kalbi, dan yakiniku sering disebut BBQ ala Korea. Walaupun demikian, yakiniku di Jepang sering berbeda dengan panggang daging ala Korea antara lain dalam hal saus untuk merendam daging. Kemungkinan besar masakan yakiniku berasal panggang potongan jeroan yang disebut Horumonyaki. Horumonyaki diciptakan oleh imigran Korea di daerah Kansai seusai Perang Dunia II. Istilah “horumon” dalam “horumonyaki” berasal dari dialek Kansai “horumon” (benda buangan) yang digunakan untuk menyebut jeroan. Perbedaan yakiniku dengan bulgogi atau kalbi telah menjadi sangat kabur, karena keduanya juga disebut “yakiniku” di Jepang.
Bahan
· 400 gram daging sapi sukiyaki
· 1 buah bawang bombay, potong-potong
· 1 buah paprika hijau, potong-potong
· 2 sendok makan mentega/margarin

Saus pencelup
· 2 buah bawang putih, parut
· 1 cm jahe, parut
· 100 cc kecap kikkoman
· 50 cc mirin
· 1/4 sendok teh garam
· 1 sendok teh gula pasir
· 1/4 sendok teh merica bubuk
· 1/4 sendok teh bumbu penyedap
Cara
  1. Saus pencelup: campur semua bahan, aduk hingga rata, sisihkan.
  2. Campur daging sapi dengan sebagian saus pencelup, diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan margarin, lalu masukkan daging sapi tadi, bawang bombay, dan paprika hijau, masak sampai matang sambil sekali-sekali dibalik.
  4. Biasanya yakiniku disajikan bersama-sama dengan saus pencelup.
Ditulis pada Masakan Asal Luar Jepang, Masakan Jepang | Tinggalkan Komentar

Masakan Tradisional Jepang

Takoyaki

Takoyaki (たこ焼き) adalah makanan cemilan tradisional Jepang yang biasa dibuat secara tradisional oleh keluarga-keluarga Jepang secara rumahan. Nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Di daerah asi cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulanga, takoyaki biasa dijual antara 200-400 yen.
Resep Takoyaki (Octopus Balls)
Bahan isi takoyaki :
• Baby octopus (bayi gurita) 200 gram, rebus dan cincang
• Tenkasu (rice crispy) secukupnya
Bahan adonan dasar takoyaki :
• Air 400 ml
• Konbu 10 cm, potong selebar 2 cm
• Katsuo-bushi 15 gram
• Tepung terigu protein rendah 200 gram
• Putih telur 4 butir
• Kuning telur 2 butir
• Margarin 2 sendok makan
Pendamping takoyaki :
• Bulldog saus 50 ml
• Saus inggris 25 ml
• Mayones 50 gram
• Benishoga (acar jahe) secukupnya
Cara membuat adonan dasar takoyaki :
1. Masukkan konbu dalam panci, masak di atas api kecil. Angkat beberapa saat sebelum air mendidih.
2. Campur katsuo-bushi dalam air rebusan konbu sambil di aduk selama 2 menit. Saring dan dinginkan.
3. Campur terigu, telur dan garam. Tuang air kaldu, aduk hingga rata. Sisihkan.
Cara membuat takoyaki :
1. Tuang adonan takoyaki pada cetakan yang sudah diolesi dengan margarin hingga penuh.
2. Taburi bagian atasnya dengan rice crispy dan masukkan baby octopus (bayi gurita). Masak di atas api kecil.
3. Bila sudah setengah matang, balik adonan dengan bantuan tusuk sate/ tusuk besi.
4. Masak hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan bersama saus pendamping dan benishoga.
Mie Soba

Soba merupakan mie tradisional Jepang yang terbuat dari bahan dasar gandum, dan dapat dinikmati dingin, maupun panas. Mie Jepang yang dapat ditelusuri sejarahnya hingga abad ke-16 ini, kini sudah mengalami banyak perkembangan di Jepang, sehingga jenis dan cara memasaknya pun juga beragam. Mie soba tradisional Jepang umumnya hanya terbuat dari bahan dasar tepung gandum, tepung terigu dan air. Untuk hasil terbaik, campuran tepung gandum dan tepung terigu sebaiknya berasio 4:1, dan ditambah air hingga 38-40 persen.
Bahan dasar:
400gr tepung gandum (soba-ko)
100gr tepung terigu (komugi-ko)
1 cup air
1 sendok teh tepung terigu untuk ditabur
Cara membuat:
1) Tuangkan campuran tepung kedalam mangkuk besar yang datar, dan aduk rata dengan tangan.
2) Tambahkan 1 cup air, campur rata menggunakan tangan.
3) Setelah tercampur rata, basahkan tangan dengan air dan gulung adonan menjadi bentuk bola.
4) Terus aduk adonan dengan gaya berputar, dari bagian luar bola. Gaya mengaduk seperti ini disebut Kikuneri (mengaduk seruni) di Jepang, karena menghasilkan bentuk bunga seruni pada bagian atas adonan. Kikuneri menghilangkan udara dalam adonan, sehingga lebih mudah dicetak.
5) Saat adonan bola sudah padat, letakkan pada permukaan datar yang sudah ditaburi tepung, dengan bentuk bunga seruni menghadap kebawah.
6) Bentuk adonan menjadi silinder, dan ratakan menggunakan gilingan kue (rolling pin). Lakukan gaya putar 30 derajat setiap beberapa gulungan, untuk mendapatkan permukaan yang rata.
7) Setelah rata, balikkan adonan dan lakukan hal yang sama pada sisi sebaliknya, sampai adonan berbentuk kotak dengan ketebalan sama dengan kertas karton.
8)Belah adonan menjadi dua, dan taburkan tepung pada kedua potongan secara rata. Lipat masing-masing potongan sebanyak tiga kali, sehingga terlihat delapan lapisan.
9) Dengan pisau tajam, potong adonan selebar ukuran tebal lapisan, sehingga berbentuk mie.
10) Rebus setiap 100gr mie dalam 1 liter air. Mie sebaiknya dimasukkan setelah air mendidih. Rebus mie selama 45 detik hingga satu menit.
11) Untuk soba rebus, masukkan mie yang sudah matang dalam mangkuk, dan siram dengan air kaldu. Untuk soba dingin, saring air dari mie yang sudah matang, dan siram dengan air dingin.
Hidangkan dengan saos celup kecap asin (shoyu) yang dingin.
Okonomiyaki

Okonomiyaki (お好み焼き?) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam,makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dngan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki. Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang” (istilah “goreng” hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.
Bahan:
  • 120 gr terigu (tepung okonomiyaki atau tepung tempura kalau ada)
  • 175 cc air atau dashi
  • 200 gr kol
  • 1 butir telur ayam
  • daun bawang sesuai selera
  • bahan isi: daging, udang, atau cumi-cumi (berat dan jumlah sesuai selera)
  • saus okonomiyaki
  • mayones
  • katsuobushi
Cara membuat:
  1. Encerkan tepung dengan air atau dashi yang dibuat dari katsuobushi dan kombu, aduk-aduk hingga rata, tapi jangan diaduk terlalu lama karena adonan bisa menjadi keras
  2. Tambahkan telur ke dalam adonan
  3. Campurkan irisan kol (lebar kira-kira 1 cm) ke dalam adonan, aduk sedemikian rupa agar udara masuk ke dalam campuran adonan agar hasil gorengan tidak keras
  4. Tuang sedikit minyak ke atas penggorengan datar, tuangkan campuran kol dan tepung terigu dan bentuk bulatan dengan diameter sekitar 25 cm dan ketebalan 2,5 cm.
  5. Hias dengan topping telur (atau telur mata sapi), daging, makanan laut dan sebagainya sesuai selera
  6. Tunggu hingga bagian bawah adonan matang betul lalu balik dengan menggunakan dua buah sodet secara bersamaan seperti ketika penjual martabak membalik martabak. Kalau ada, kote (sodet untuk menggoreng okonomiyaki) bisa digunakan untuk membalik okonomiyaki. Bagian paling unik dari memasak okonomiyaki adalah sewaktu membalik okonomiyaki agar tidak patah berantakan.
  7. Tunggu hingga daging matang dan kecilkan api
  8. Olesi atau tuang dengan saus okonomiyaki sesuai selera
  9. Tambahkan mayones Jepang bila suka dan bentuk motif garis-garis agar bagus
  10. Taburkan katsuobushi dan aonori di atasnya bila suka
  11. Potong-potong sewaktu masih berada di atas penggorengan dan hidangkan bersama penggorengannya.
Tips:
  • Simpan campuran adonan tepung terigu dengan air di dalam lemari es sekitar 8 jam agar gluten yang terdapat dalam tepung terigu menjadi stabil dan okonomiyaki yang dihasilkan tidak menjadi keras.
  • Daging yang susah matang atau tebal sebaiknya digoreng dulu secara terpisah.
  • Tambahkan tauge atau rebusan mi telor untuk merubah Okonomiyaki menjadi Hiroshimayaki.
  • Tuangkan sekitar 2-3 sdm adonan tepung di atas irisan kol sewaktu membuat Hiroshimayaki agar kol tidak menjadi berantakan sewaktu dibalik.
  • Kalau membuat okonomiyaki yang tebal, tutupi dengan tutup panci sewaktu menggoreng agar lebih mudah matang.
Ditulis pada Masakan Jepang, Masakan Tradisional Jepang | Tinggalkan Komentar

Masakan Indonesia yang Teradaptasi Budaya Luar

Nasi Goreng

Nasi goreng (Hanzi: 炒飯) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.
Bahan:
  • 600 gr. nasi dingin
  • 3-4 sdm kecap manis
  • 1-2 sdm saos tomat
  • 5 sdm minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3-5 buah cabai merah atau menurut selera
  • ½ sdt terasi
Bahan Pelengkap:
  • Irisan mentimum
  • Telur mata sapi
  • Emping goreng
  • Bawang goreng
  • Acar mentimum
Cara membuat:

  • Dalam wajan, panaskan 5 sdm minyak dengan api sedang.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  • Masukkan nasi dingin.  Aduk rata.
  • Masukkan saos tomat dan kecap manis.   Aduk lagi hingga rata.
  • Angkat, dan siap dihidangkan dengan bahan pelengkap. ( Untuk Enam Orang )
Kwetiau

Kwetiau (粿條 guotiao; juga disebut 沙河粉 shā hé fěn) adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Dapat digoreng ataupun dimasak berkuah. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di daerah Jakarta dan tempat-tempat lain yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa. Kwetiau pada umumnya identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu. Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam hal penyajian kwetiau. Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai baso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat. Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram.
Bahan-bahan:
1 bungkus kwe tiau (mie yg lebar), rebus dan tiriskan
1 ikat sawi, cuci dan potong2
1/4 kg ayam, rebus dan suwir2 dagingnya
4 butir telur ayam
Kecap, klo saya mah pake Asl iswid
minyak goreng
bumbu halus:
4 bawang putih,
8 bawang merah, (klo bawang sini cukup 2 yang besar)
2 tomat
1 sendok teh lada bubuk
garam dan gula secukupnya
Cara pembuatan:
-kwetiau yang sudah direbus dilumuri minyak goreng dan kecap sampe rata
-tumis bumbu halus tadi sampe harum, lalu masukan telur ayam orak-arik, kemudian masukan ayam yg sudah disuwir2, sawi, garam dan gula secukupnya. Aduk sampe rata
-masukkan kwe tiau aduk rata, masak sampe bumbunya menyerap.
-angkat sajikan.
Capcai

Cap cai (Hanzi: 雜碎, hanyu pinyin: za sui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Cap cai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap caiharus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti “sepuluh”, dan caiberarti sayur.
Porsi: 12 orang
Bahan:
2 buah bawang bombay diiris kecil
8 buah bawang putih diblender
1 buah chinese kol
1 kg wortel
1 buah bloemkol
½ kg ayam yang sudah dipotong kecil-kecil tanpa tulang
½ kg ati dan ampela2 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
2 sdm maizena diencerkan dulu pakai air
700 ml air
Garam 2 sdt
Gula 2 sdt
Cara masak resep capcay :
  1. Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum
  2. Masukkan ayam hingga matang.
  3. Lalu masukkan saus tiram, kecap ikan dan air.
  4. Setelah itu berturut-turut wortel hingga setengah matang, lalu bloemkol , terakhir chinese kol.
  5. Setelah mendidih baru dimasukkan maizena.
Ditulis pada Masakan Indonesia, Masakan Indonesia yang Teradaptasi Budaya Luar | Tinggalkan Komentar

Masakan modern di Indonesia


Nama  Burger mungkin bukan hal asing bagi sebagian masyarakat Jakarta. Burger ini memang menjadi fenomenal saat pertama kali muncul. Untuk menikmatinya banyak orang yang rela antri di kiosnya. Sampai sekarang pun, burger ini masih memikat para pengunjungnya sehingga terus menjadi tujuan bagi pecinta burger.
Bahan Burger :
  • 300 gram daging giling
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 50 gram tepung panir halus
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 3 sendok makan susu cair
Bahan Pelengkap :
  • 6 buah roti burger
  • 6 lembar letus
  • 6 lembar keju smoked slice
  • 60 gram mayones
  • 30 gram saus sambal
  • 60 gram saus tomat
  • 25 gram mustard
Bahan Olesan (Aduk Rata)
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh kecap inggris
  • 2 sendok teh margarin
Cara Membuat :
Daging burger : aduk rata bahan daging burger. Bentuk bulat pipih. Kemudian panggang daging burger sambil dioles bahan olesan dan dibolak-balik sampai matang. Buka roti burger, letakkan letus, daging burger, keju smoked slice. Semprotkan mayones, saus sambal, saus tomat dan musta

spaghetti makanan modern yang masuk ke Indonesia yang juga sangat di di sukai oleh penduduk Indonesia.
Bahan:
250 gr spaghetti
keju parut secukupnya
Untuk saus:
1 sdm mentega
75 gr bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging sapi cincang
1 sdt (peres) merica bubuk
1/3 sdt pala bubuk
1 sdt (peres) oregano + basil bubuk
100 gr saus tomat
50 gr pasta tomat
100 cc kaldu
garam, secukupnya
Cara Membuat:
Didihkan air, rebus spaghetti sampai matang dan cukup lunak.
Angkat lalu tiriskan dengan ditambah 1 sdm mentega. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Sisihkan
Buat saus: panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai daging berubah warna
Tambahkan bumbu-bumbunya, saus tomat, pasta tomat, kaldu, dan garam secukupnya
Aduk-aduk sampai daging matang dan bumbu meresap
Hidangkan spaghetti dengan saus daging, lalu taburi keju parut
Bahan:
250 gr spaghettikeju parut secukupnya
Untuk saus:
1 sdm mentega75 gr bawang bombay, cincang halus2 siung bawang putih, cincang halus250 gr daging sapi cincang1 sdt (peres) merica bubuk1/3 sdt pala bubuk1 sdt (peres) oregano + basil bubuk100 gr saus tomat50 gr pasta tomat100 cc kaldugaram, secukupnya
Cara Membuat:
Didihkan air, rebus spaghetti sampai matang dan cukup lunak.Angkat lalu tiriskan dengan ditambah 1 sdm mentega. Aduk-aduk sampai tercampur rata. SisihkanBuat saus: panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai daging berubah warnaTambahkan bumbu-bumbunya, saus tomat, pasta tomat, kaldu, dan garam secukupnyaAduk-aduk sampai daging matang dan bumbu meresapHidangkan spaghetti dengan saus daging, lalu taburi keju parut
| Tinggalkan Komentar

Masakan Asli Khas Indonesia

Gado-gado
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau terkadang juga disajikan dengan lontong.
Resep Bahan Gado-gado :
  • 50 gram taoge
  • 150 gram kangkung/bayam
  • 100 gram daun kol
  • 1 buah pare belah 2, keruk bijinya, potong 1 cm
  • 1 buah labu siam rebus, potong-potong
  • 1 buah tahu (8×8 cm), goreng
  • 1 buah tempe (8×8 cm), goreng
Resep Pelengkap Gado-gado :
  • irisan telur rebus
  • emping
  • bawang goreng
  • kerupuk
Resep Sambal Gado-gado :
  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan air asam
  • 200 ml air matang
Cara Membuat Gado-gado :
  1. Rebus matang bahan sayuran, tiriskan.
  2. Campur sayuran, tahu, dan tempe dengan saus kacang, aduk rata.
  3. Hidangkan dengan pelengkapnya.
Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).
BAHAN:
UNTUK NASI:
- 300 gr beras,cuci bersih
- 900 cc air
- 1 bt serai,memarkan
- 2 lb daun salam
- 1/2 sdt garam
UNTUK URAPAN NANGKA:
- 250 gr nangka muda,iris kecil,rebus
- 10 helai kacang panjang,potong,rebus
- 5 lb kol,potong,rebus
- 1/2 bt kelapa setengah tua,parut memanjang
BUMBU HALUS
- 5 buah cabe rawit
- 1 buah cabe merah, buang bijinya
- 2 siung bawang putih
- 2 ruas kencur
- 1/2 sdt terasi, bakar
- 1 sdm gula jawa
- 1/2 sdt garam
- 1 lb daun jeruk purut
UNTUK TERIK DAGING:
- 500 gr daging has,iris tipis melintang serat,memar
kan
- 500 cc santan
- 1 sdt gula pasir
- 1 bt serai, memarkan
- 2 cm lengkuas,memarkan
- 2 lb daun salam
- 2 sdm minyLak utk menumis
BUMBU HALUS
- 5 bt bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 3 bh kemiri
- 1 sdt garam
CARA MEMBUAT NASI LIWET
1. teruh dalam panci atau kuali dari tanah liat,
beras, serai, dan daun garam.
2. Tutup pancinya, masak hingga airnya meresap.
setelah matang, angkat
CARA MEMBUAT URAPAN NANGKA
1. campur bumbu halus bersama kelapa, aduk rata.
2. kemudian campur bumbu kelapa bersama sayuran
rebus, sajikan.
CARA MEMBUAT TERIK DAGING
1. tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging,
serai, lengkuas, daun salam, santan, gula pasir,
aduk rata.
2. masak hingga santan terserap hingga daging lunak,
angkat.
Sate Padang

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.
Bahan:
1 kilogram lidah sapi, celup air panas, kerik, cuci bersih
1½ liter air
1 lembar daun kunyit
2 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
3 cm asam kandis
1 sendok teh garam
18 tusuk sate
Campur, aduk rata:
25 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu
Haluskan:
8 buah cabai merah keriting
1 sendok teh ketumbar bubuk
½ sendok teh lada
¼ sendok teh jinten
6 buah bawang merah
1 sendok teh kari bubuk
2 cm kunyit
2 cm jahe
2 sendok makan minyak goreng
Cara membuat:
Rebus lidah sapi, bumbu halus, kunyit, lengkuas, daun jeruk, serai, asam kandis, garam, masak hingga lidah empuk.
Angkat, tiriskan. Potong lidah ukuran 1 x 2 x 1 cm. Sisihkan airnya.
Tusuk setiap 5 potong lidah sapi dengan tusuk sate. Panggang di atas bara api sambil dibalik-balik dan dioles minyak hingga matang dan harum.
Panaskan air kaldu lidah, tambahkan air 500 ml, didihkan masukkan campuran tepung beras dan sagu dan bumbu, aduk rata dan mengental. Angkat. Sajikan sate bersama saus, potongan ketupat dan taburan bawang merah goreng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar